Selasa, 07 Mei 2013

KARAKTERISTIK BAHASA



 
Bahasa merupakan ujaran yang keluar dari alat ucap manuasia yang mempunyai bentuk bunyi dan makna. Bahasa yang baik yaitu bahasa yang  bisa menyusuaikan dengan suatu keadaan atau kondisi dimana kita sedang berbicara. Sedangkan bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidah dan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD), tersusun secara sistematis serta mempunyai pola yang jelas. Di setiap daerah pasti mempunyai bahasa yang berbeda-beda antara daerah satu dengan yang lain, misalanya bahasa jawa, bahasa sunda, bahasa batak dan lain sebagainya. Ragam atau variasi bahasa tersebut dinamakan dengan dialek. Dalam bahasa, tentunya mempunyai ciri atau karakteristik yang akan memberikan corak bahwa bahasa itu hanya dimiliki oleh manusia.
Menurut Abdul Chaer (2007:33) menyatakan, “bahwa bahasa tidak lepas dari manusia, tidak ada kegiatan manusia yang tidak disertai bahasa.”
Oleh karena itu, dalam kesehariannya bahasa hanya dipergunakan manusia dalam berbagai aspek kegiatan. Bahasa dipergunakan manusia salah satunya untuk berkomunikasi. Dengan demikian, bahasa yang benar tentu memiliki esensi realitas yang menjadi bukti bahwa bahasa sudah disepakati dalam keberadaannya.
Ciri–ciri atau hakikat dari bahasa itu diantaranya yaitu bahasa adalah sebuah sistem, bahasa itu berwujud lambang, bahasa itu bermakna, bahasa itu arbiter, bahasa itu bersifat konvensional, bahasa itu produktif, bahasa itu unik, bahasa itu bervariasi, bahasa itu berkembang, bahasa itu dinamis, bahasa itu universal dan bahasa itu manusiawi. Dari ke dua belas rangkaian ciri-ciri bahasa itu, sudahlah jelas, bahwa bahasa memiliki variasi berbeda-beda yang kemudian akan membentuk suatu karakter, dari karakterteristik itulah bahwa bahasa hanya dimiliki oleh manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar